Sunday 20 March 2011

Merancang Laporan dengan Menggunakan Crystal Report pada VB

Berikut ini saya hanya ingin mengulas apa yang saya pelajari tentang bagaimana merancang laporan dengan menggunakan Crystal Report. Saya menggunakan software program VB 6.0 untuk mengaplikasikan report tools tersebut.
Pertama-tama, saya anggap anda sudah memiliki databasenya, disini database yang saya gunakan adalah MySQL dengan localhost -> phpmyadmin.
Setelah sebelumnya anda instal Crystal Report pada program di komputer anda, maka anda sudah bisa langsung memasuki jendela Crystal Report. Tampilan awal dari Crystal Report adalah sebagai berikut :

Pada dialog box di atas, terdapat 2 pilihan yaitu :

  1. Using report expert -> dimana fungsinya adalah membuat report dengan menggunakan template-template yang sudah ada.
  2. As a blank report -> ya, sesuai judulnya membuat report dengan tampilan awal (blank).
Disini, karena saya anggap tiap-tiap orang memiliki desain reportnya masing-masing, maka mari kita gunakan "As a blank report".

Maka akan muncul jendela pilihan data explorer, dimana kita diharuskan untuk mengimport database yang kita buat. Karena saya menggunakan database MySQL, maka pilihlah ODBC untuk membuka koneksi.

Setelah membuka ODBC, klik new data source, kemudian tekan tombol add. Dan anda pilih User Data Source (Applies to this machine only).
Kemudian pilih konektor/driver yang ingin dijadikan data source :

Setelah selesai klik tombol finish.
Selanjutnya anda isi nama data source, sedangkan tcp/ip anda ketikkan localhost saja, dan terakhir pilih database yang sudah anda buat.
Dan data source pun berhasil dibuat.
Setelah ini anda tinggal mengimport saja ke dalam crystal report. Seebelumnya anda harus memilih tabel mana yang ingin anda buat laporannya. Setelah anda lakukan itu, tabel yang anda pilih akan muncul pada field explorer. Untuk memulai melakukan desain laporan, anda tinggal mendrag saja ke jendela kerja.

Lakukan desain sendiri pada laporan Anda dengan mendrag field-field pada tabel, sehingga menghasilkan laporan yang siap pakai.

Selesai sudah desain laporan Anda.
Setelah ini anda tinggal memasukkan koding pada program yang anda buat (dalam hal ini saya menggunakan VB 6.0). Kodingnya sebagai berikut :
    CrystalReport1.SelectionFormula = "{t_input.nik}='" & _
    DataGrid1.Text & "'"
    CrystalReport1.RetrieveDataFiles
    CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
    CrystalReport1.Action = 1
dimana, t_input adalah nama tabel dalam database & nik adalah penyeleksi. Kira-kira artinya adalah menyeleksi data di datagrid berdasarkan nik. Seperti itu. Dan hasilnya adalah sebagai berikut :

Sedangkan untuk menampilkan seluruh data pada tabel, justru jauh lebih mudah. Anda tidak perlu melakukan koneksi pada Selection Formula. Contohnya menjadi seperti ini :
    CrystalReport1.SelectionFormula = "" 
    CrystalReport1.RetrieveDataFiles
    CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
    CrystalReport1.Action = 1


Maka akan didapat hasilnya seperti yang anda lihat .



0 comments:

Post a Comment